Selasa, 11 September 2012

Mengenal Super Nintendo dan Emulatornya

Kali ini kite belajar sejarah Super Nintendo yang mane udeh di singgung di posting ane sebelonnye yoi ga haha .. Mari kite nostalgiuk jaman sd ..

Seperti kite ketahui, Super Nintendo Entertaiment System ato bisa juga di sebut Super NES adalah konsol game lawas tahun 90-an. Di jaman itu anak anak pasti ngimpiin punya ginian neh.. beruntung bagi yang bisa beli, yang kaga bisa beli kaga beruntung .

Jumlah penjualannya diestimasi udeh tembus 49 juta unit. Super Nintendo juga dibekali banyak game cakep sejak awal kemunculannye di pasaran. Kaya Super Mario World, SimCity, dan Gradius III. Super Nintendo juga menjadi jawaban Nintendo yang kala itu bersaing keras ama Sega sebelum kehadiran Sony dengan PlayStation.

Super NES adalah 16-bit video game konsol yang dirilis oleh Nintendo di Amerika Utara, Eropa, Australasia (Oceania), dan Amerika Selatan antara 1990 dan 1993. Di Jepang dan Asia Tenggara, sistem ini disebut Super Famicom ( スーパーファミコン) , secara resmi mengadopsi nama singkatan dari pendahulunya, Family Computer ) , atau SFC untuk nama pendeknya. Di Korea Selatan, itu dikenal sebagai Comboy Holiday (슈퍼 컴 보이) dan didistribusikan oleh Hyundai Electronics .



Super Nintendo Entertainment System adalah rumah kedua konsol Nintendo, setelah Nintendo Entertainment System (NES). Konsol diperkenalkan grafis canggih dan kemampuan suara dibandingkan dengan konsol lain pada saat itu. Selain itu, pengembangan berbagai chip perangkat tambahan (yang terintegrasi pada papan sirkuit game) membantu untuk tetap kompetitif di pasar.
SNES adalah keberhasilan global, menjadi konsol terlaris dari era 16-bit meskipun yang mulai relatif terlambat dan persaingan sengit yang dihadapinya di Amerika Utara dan Eropa dari Sega 's Genesis konsol. SNES tetap populer baik ke era 32-bit , dan terus menjadi populer di kalangan penggemar, kolektor, gamer retro , dan penggemar emulasi.

Di jaman ini sulit menemukan konsol game tersebut. Bisa disebabkan kalah bersaing dan jaman yang semakin maju dengan bermunculan banyak konsol game yang grafisnye lebih canggih dan memanjakan mata.

Namun di era ini untuk kite yang mau bernostalgia atau sekedar frustasi dengan game game sekarang yang banyak super sulit, di sediakan beberapa emulator Super NES ini. Di antaranye yang paling populer adalah Snes9x dan ZSNES.

Gue sendiri merekomendasikan Snes9x sebagai emulator yang paling baik di bidangnye. Dibandingkan ZSNES, Snes9x punya tampilan yang lebih user frendly sehingga lebih mudah digunakan kaga pake ribet.

Nyamun menurut sebagian blogger dikatakan "Sebenarnya untuk memainkan SNES, ZSNES dan Snes9X keduanya mutlak diperlukan. Kebetulan, pengembangan ZSNES dan Snes9X saling berbagi satu sama lain. Jadi kalau ada game yang tidak sempurna di ZSNES, mainkan saja di Snes9X, begitupun sebaliknya.".

tampilan ZSNES
tampilan Snes9x

Pengembangan oleh ZSNES-tim (zsKnight, _Demo_, pagefault, dan Nach) dimulai pada tanggal 3 Juli 1997 dan versi pertama dirilis pada tanggal 14 Oktober 1997, untuk MS-DOS. Sejak itu, pelabuhan resmi telah dibuat untuk Windows dan Linux. Emulator menjadi perangkat lunak bebas di bawah lisensi GPL pada 2 April 2001.

ZSNES sendiri adalah perangkat lunak bebas SNES emulator kebanyakan ditulis dalam x86 assembly dengan port resmi untuk Linux , MS-DOS , Mac OS X , Windows , dan port resmi untuk Xbox .

Namun, pengembang dan pendukung emulator yang menjadi pesaing sering mengkritik ZSNES untuk akurasi yang relatif miskin dan yang ditulis dalam perakitan x86, yang berarti non-portabilitas beberapa arsitektur prosesor dan kesulitan tinggi untuk mengembangkan dan memeliharanye.

Pengembangan Snes9x dimulai pada bulan Juli 1997 ketika Snes96 Gary Henderson dan Snes97 Jerremy Koot bergabung untuk menciptakan Snes9x. Sejak itu, Snes9x telah resmi porting ke platform lebih dari emulator lainnya. Emulator ini bukan perangkat lunak bebas karena merupakan pelanggaran terhadap lisensi untuk menjual Snes9x. Hal ini masih aktif dikembangkan meskipun kepergian pengembang aslinya. Meskipun source code Snes9x tersedia untuk umum, lisensi Snes9x melarang penggunaan komersial.

Snes9x adalah di antara yang pertama untuk meniru sebagian besar peningkatan chip SNES pada tingkat tertentu. Itu juga emulator SNES pertama yang menawarkan output suara.

Pada tahun 2005 majalah Retro Gamer menyebutkan bahwa Snes9x adalah emulator terbaih dikelasnye yang tersedia.


  • Link donglot
Untuk ZSNES bisa di donglot di mari (861 kb)
Nah kalo untuk Snes9x bisa ke mari (1.2 mb)

Perlu di perhatikan bahwa abis donglot, lalu ekstrak, maka file utamanya yang berekstensi .exe (zsnesw.exe atau snes9x.exe) kaga boleh terpisah dari folder-folder yang menyertainya . Intinya pengekstrakan harus brada dalam satu folder .

0 comments:

Software Ngetop Ane

Parents Control ver.1.0
Diberdayakan oleh Blogger.

Followers